Bimtek Swakelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Swakelola tidak hanya sekadar melaksanakan pengadaan barang/jasa, tetapi juga tentang merencanakan dan mengawasinya. Lebih jauh lagi kalau kita kupas kata dasar pembentuk swakelola. Kata “swa” berasal dari bahasa sansekerta yang berarti sendiri. Mengutip definisi dari Pasal 1 ayat 20, makna “sendiri” merujuk kepada penanggung jawab anggaran, instansi pemerintah lain, dan/atau kelompok masyarakat.

Kata “kelola” merujuk pada pengendalian atau dapat disetarakan dengan kata manage berarti manajemen yang merupakan istilah dalam ilmu ekonomi. Secara generik, pakar manajemen George R. Terry, Manajemen sering disingkat sebagai POAC (planning, organizing, actuating, and controlling).

Pemahaman swakelola sama dengan laksanakan sendiri adalah pemahaman yang menyesatkan. Demikian juga dengan pemahaman bahwa swakelola jauh lebih sederhana dan mudah dibanding melakukan pemilihan penyedia adalah hal yang sepenuhnya keliru. Swakelola memerlukan kemampuan manajemen yang baik.

Adanya tahap persiapan menegaskan bahwa pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan berdasarkan Perpres 54/2010 adalah pengadaan yang berbasis perencanaan atau procurement planning base. Perencanaan diperlukan karena ada sebuah sasaran kualitatif tertentu yang memerlukan barang/jasa dalam kuantitas yang sangat besar. Sementara itu, sumber daya dan dana untuk mewujudkannya terbatas. Untuk itu diperlukan perencanaan agar dengan semua keterbatasan itu, prioritas optimal dalam mencapai sasaran dapat tercapai.

Prinsip ini akhirnya menempatkan kebutuhan lebih utama dibandingkan dengan keinginan. Kemudian, ukuran dari sumber daya dan sumber dana yang dikeluarkan tidak didasarkan pada harga yang terendah, tetapi pada biaya yang optimal. Biaya ukurannya adalah kualitas yang didapatkan, waktu yang efektif, dan harga.

Dalam kerangka memahami dan melaksanakan swakelola pengadaan barang/jasa secara efektif dan efisien inilah kemudian perlu dilaksanakan bimbingan teknis swakelola pengadaan barang/jasa pemerintah. Untuk memberikan pembekalan dasar bagi pelaksana pengadaan barang/jasa maka kami Pusat Pengkajian Pengadaan Indonesia mengundang Bapak/Ibu /Saudara, untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Swakelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang dilaksanakan agenda sebagai berikut :

Hari            : Senin – Selasa
Tanggal     : 16 – 17 Mei 2016
Tempat     : Hotel Grand Pacific Jl. Pasirkaliki No. 100 Bandung

Peserta Bimtek akan mendapatkan Formulir Contoh Swakelola dan Buku Bacaan Wajib Swakelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Untuk informasi pendaftaran hubungi Ahmad N. Damopolii hp. 0852 4013 6600. Demikian undangan ini disampaikan, atas perhatian dan kehadirannya diucapkan terima kasih

Undangan dapat di unduh klik gambar

butuh undangan

(Visited 2.164 times, 1 visits today)





2 Comments to Bimtek Swakelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

  1. Yanto berkata:

    Pak, Bimtek swakelola 2017 ini ada ga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*

%d blogger menyukai ini: