Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum

Permen PUPR 28 Tahun 2016

Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum yang di tetapkan pada 1 Agustus 2016 yang merupakan penyempurnaan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 11/PRT/M/2013.

Analisis Harga Satuan Pekerjaan yang selanjutnya disingkat AHSP adalah perhitungan kebutuhan biaya tenaga kerja, bahan dan peralatan untuk mendapatkan harga satuan atau satu jenis pekerjaann tertentu.

Bidang Pekerjaan Umum adalah bidang pekerjaan yang meliputi kegiatan pekerjaan :

  • Sumber Daya Air (bendung, pintu air dan hidromekanik, terowongan air, bangunan sungai, jaringan irigasi, bangunan lepas pantai),
  • Bina Marga (jalan, jembatan, jalan layang, terowongan jalan, saluran tepi jalan, bahu jalan, trotoar), dan
  • Cipta Karya (bangunan gedung, perumahan, infrastruktur kawasan permukiman seperti Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA), sistem perpipaan air minum dan lain-lain).

Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum dimaksudkan sebagai acuan dalam menghitung biaya pembangunan sebagai kelengkapan dalam proses pekerjaan konstruksi dan digunakan sebagai suatu dasar dalam menyusun perhitungan HPS atau owner’s estimate (OE) dan HPP atau engineering’s estimate (EE)

Download Permen PUPR 28 Tahun 2016

Download Lampiran Permen PUPR 28 Tahun 2016

Sumber : Biro Hukum Kemen PUPR

(Visited 720 times, 6 visits today)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked as *

*

%d blogger menyukai ini: