Cara Budidaya Ikan Lemon di Aquarium

Ikan lemon merupakan jenis ikan aquascape yang merupakan ikan hias air tawar dengan tubuh berwarna kuning yang sangat cantik. Ikan ini diketahui merupakan jenis ikan hias yang berasal dari Afrika dan sudah menyebar luas sampai ke pelosok desa.

Ikan lemon sangat disukai anak – anak. Mungkin diantara Anda sudah banyak yang bermain – main dengan ikan yang harganya murah ini sejak kecil. Sebagai ikan aquascape, habitat hidup ikan lemon memang sangat bagus jika dibudidayakan di aquarium. Jika Anda tertarik untuk menjadikan ikan lemon sebagai ikan hias di aquarium rumah Anda, berikut cara budidaya ikan lemon di aquarium yang terbaik Anda lakukan. Check these out!

Cara Budidaya Ikan Lemon di Aquarium

Pilih indukan yang kualitasnya bagus

Ketika Anda melakukan budidaya ikan lemon, indukan inilah yang akan menentukan kualitas dari anakan ikan lemon yang Anda budidayakan. Benih yang berkualitas, secara umum berasal dari indukan yang berkualitas baik juga. Berikut ciri – ciri atau tanda indukan ikan lemon yang berkualitas bagus, diantaranya :

  • Umurnya lebih dari 7 bulan
  • Sehat
  • Warnanya cemerlang
  • Gesit dalam berenang
  • Dapat membedakan ikan lemon jantan dan betina karena keduanya memiliki ciri yang berbeda.

 

Perhatikan aquarium tempat hidup ikan hias lemon

Dalam cara budidaya ikan lemon di aquarium, ukuran aquarium yang ideal juga sangat menentukan hasilnya. Baiknya pastikan ukuran aquarium sekitar 100 cm dengan ketinggian 40 cm. Jangan lupa Anda perhatikan juga kondisi suhu air, oksigen dan pH airnya dengan perlengkapan lain yang dibutuhkan guna menciptakan sirkulasi air yang ideal. Kalau semuanya sudah lengkap dan air aquarium atau bak sudah terlihat bersih, selanjutnya tinggal Anda masukkan indukan ikan lemon yang sudah disiapkan.

Baca Juga :  [Guest Post] Cara Ampuh Menjaring Pelanggan, Repeat Order Tembus Secara Mulus

Perhatikan makanan ikan lemon yang dibudidayakan

Makanan ikan lemon yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan jenis makanan pada ikan hias yang lain. Anda bisa menyediakan jentik nyamuk juga tubifex sebagai asupan makanan bergizi untuk ikan lemon yang Anda budidayakan.

Proses pemijahan ikan hias lemon

Umumnya jika ikan lemon jantan dan betina sudah cocok dan saling kenal, pastinya mereka akan eksklusif saling kejar mengejar. Ketika sudah demikian, berarti ikan lemon jantan dan betina siap berkembang biak.

Ketika ikan lemon betina berhasil dibuahi, Anda bisa lihat di bagian dasar aquarium akan Anda temukan telur – telur yang berserakan. Sekitar 100 benih sanggup dihasilkan ikan ini dengan penetasan yang jangka waktunya berlangsung selama kurun 4 hari. Pada tahap penetasan, cara merawat ikan hias lemon yang Anda perlukan adalah dengan menjaga betul kualitas air aquariumnya agar benihnya bisa sempurna dan ikan juga tidak mengalami stress. Jika hasil anakan ikan lemon tumbuh dewasa, baiknya Anda pindahkan antara induk jantan dengan induk betina dari anakan lemon. Kemudian Anda akan masuk ke tahap pembesaran dan perawatannya.

Proses pembesaran ikan hias lemon dan cara merawatnya

Pada tahap ini, yang Anda harus perhatikan adalah jenis makanan yang Anda berikan untuk pertumbuhan anakan ikan lemon. Upayakan Anda pastikan memberikan pakan yang berkualitas seperti kutu air, infusoria dan yang lainnya. Baiknya didalam satu aquarium, tidak menjadi tempat tinggal atau habitat terlalu banyak ikan.

Baiknya Anda batasi berapa ikan lemon dalam satu aquarium agar mereka bisa lebih nyaman dan leluasa didalamnya. Ketika terlalu banyak penghuni didalam aquarium, mereka akan mengalami stress dan depresi yang membuatnya kurang merasa nyaman.

Baca Juga :  Cek Daftar Upah Minimum Propinsi 2019 Se-Indonesia

Jika Anda bertanya berapa hari ukuran ikan lemon sanggup dijual maka minimalnya ikan lemon sanggup dijual dengan umur 1 bulan. Umur maksimal panennya 4 bulan. Dengan umur 4 bulan, ikan lemon sudah menunjukkan warna yang sangat anggun dan indah didalam aquarium sehingga harganya juga akan lebih mahal dibandingkan ikan lemon yang memiliki umur dibawahnya.

Itulah cara budidaya ikan lemon di aquarium yang Anda harus tahu. Baiknya jangan sampai Anda membudidayakan ikan lemon secara salah kaprah karena akan membuat ikan yang dibudidayakan stress dan cepat mati.

Profil penulis:
Artikel Guest Post kali ini merupakan tulisan dari Blogger Naila. Pengelola situs https://www.blogikan.com yang berbagi berbagai informasi peluang usaha budidaya ikan hias, tips dan trik dalam memelihara ikan dsb.

Berbagi Artikel
Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.