Langkah demi Langkah Cara Menginstal Plugin WordPress

Bagaimana Cara Instal Plugin di WordPress?

Setelah menginstal WordPress, hal pertama yang Anda perlu pelajari adalah cara memasang plugin WordPress. Plugin memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur baru ke WordPress seperti menambahkan galeri, slideshow, dll. Anda dapat menemukan ribuan plugin gratis dan berbayar yang tersedia untuk WordPress. Dalam panduan langkah demi langkah ini, kami akan menunjukkan cara menginstal plugin WordPress.

Cara Menginstal Plugin di WordPress

Sebelum Anda memulai

Jika Anda menggunakan WordPress.com, maka Anda tidak dapat menginstal plugin.

Untuk Anda yang menggunakan WordPress.com tidak dapat melihat menu plugin di dashboard WordPress mereka. Itu karena Anda menggunakan WordPress.com, yang memiliki keterbatasan.

Anda tidak dapat menginstal plugin di WordPress.com kecuali Anda meningkatkan ke self hosted WordPress.org. Di sisi lain, Anda dapat menginstal plugin apa pun yang Anda inginkan di situs WordPress.org yang di hosting sendiri langsung dari kotak (Lihat perbedaan antara self hosted WordPress.org vs WordPress.com).

Cara Menginstal Plugin WordPress

Silahkan Anda mengikuti tutorial langkah demi langkah tentang cara memasang plugin WordPress.

Ada tiga metode dalam menginstal plugin di Worpress:

  • Cara 1 : menginstal plugin WordPress menggunakan pencarian;
  • Cara 2 : mengunggah plugin WordPress, dan;
  • Cara 3 : menginstal plugin WordPress secara manual menggunakan FTP.

Cara 1 : Instal sebuah Plugin menggunakan Pencarian Plugin WordPress

Cara termudah memasang plugin WordPress adalah menggunakan pencarian plugin. Satu-satunya downside dari opsi ini adalah bahwa plugin harus ada di direktori plugin WordPress yang terbatas hanya pada plugin gratis.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke area admin WordPress Anda dan klik pada Plugin » Add New.

Tambah Plugin dan Mencari Plugin

Anda akan melihat layar seperti yang ada di screenshot di atas. Temukan plugin dengan mengetikkan nama plugin atau fungsi yang Anda cari, seperti yang kami lakukan. Setelah itu, Anda akan melihat banyak daftar seperti contoh di bawah ini:

Baca Juga :  Cara Memasang Widget Liga Sepakbola Dunia dalam Blog/Web

Hasil Pencarian Plugin

Anda dapat memilih plugin yang terbaik untuk Anda. Sesuai hasil pencarian kami, dimana kami mencari Floating Social Bar yang kebetulan merupakan plugin pertama, kami akan mengklik tombol ‘Install Now’.

WordPress sekarang akan mengunduh dan menginstal plugin untuk Anda. Setelah ini, Anda akan melihat pesan sukses dengan tautan untuk mengaktifkan plugin atau kembali ke penginstal plugin.

Mengaktifkan Plugin

Plugin WordPress dapat diinstal di situs Anda, tetapi tidak akan berfungsi kecuali Anda mengaktifkannya. Jadi lanjutkan dan klik pada tautan plugin aktif untuk mengaktifkan plugin di situs WordPress Anda.

Nah, Anda telah berhasil menginstal plugin WordPress pertama Anda.

Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi pengaturan plugin. Pengaturan ini akan bervariasi untuk setiap plugin karena itu kami tidak akan membahasnya di posting ini.

Berbagi Artikel
Tags:

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.