Cara Merawat TV LED Agar Tahan Lama

Saya, dan Anda pasti ingin agar barang yang dimiliki awet dan tidak gampang rusak, agar dapat menghemat pengeluaran,  salah satunya barang elektronik, seperti halnya produk  elektronik yang mudah rusak jika tidak dirawat dengan benar, seperti TV LED. Ketelatenan dan perhatian memang Anda diperlukan agar nantinya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan yang mahal,  bahkan tak bias saja biaya reparasinya hampir sama dengan  harga pembelian. Woow…kalau sudah begitu, lebih baik beli produk yang baru daripada Anda mengeluarkan uang yang jumlahnya dapat menghabiskan tabungan. Ada beberapa cara merawat TV LED untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda rajin untuk merawat TV LED yang dimiliki, agar lebih tahan lama. Apakah Anda mengerti bagaimana merawatnya? Masih banyak konsumen TV LED yang belum paham mengenai hal tersebut.  Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan :

Letakkan TV pada posisi yang baik

Hindari terkenan sinar matahari secara langsung, TV jangan diletakkan pada lokasi yang berdebu. Supaya debu tidak menutupi lubang sirkulasi udara karena TV akan cepat panas. Ada baiknya TV LED, dengan wall bracket TV,  agar layar TV lebih aman di banding Anda letakkan di atas meja. Ukuran TV LED yang tipis dan ringan apa bila diletakkan di atas meja dikhawatirkan akan tersentuh dan terdorong jatuh.  Dalam penggunaan wall bracket, jangan lupa untuk memberikan jarak antara dinding belakang dengan TV Anda kurang lebih sekitar 10 cm. Hal ini bermanfaat untuk sirkulasi udara sehingga TV tidak cepat panas. Perhatikan suhu ruangan, apabila terasa panas sebaiknya nyalakan AC

Bersihkan TV dengan Benar

Sering-seringlah membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada TV LED Anda. Jangan sampai sangat berdebu baru dibersihkan. Saat pembersihan TV LED jangan menggunakan cairan yang mengandung alkohol, Anda dapat memakai cairan pembersih kacamata atau cleaning kit, selanjutnya lap dengan kain kanebo.

Baca Juga :  Mengoptimalkan Kinerja Flashdisk

Gunakan stavolt

Pemaikaian stavolt bukan hanya digunakan untuk TV saja, ada baiknya untuk semua barang elektronik. Saat peralatan elektronik dinyalakan bersama, akan ada perebutan listrik dan membuat listrik yang masuk ke sebuah barang elektronik tidak selalu dalam jumlah sama. Seiring waktu, hal ini akan berpengaruh pada kondisi TV. Jika terjadi masalah pada TV Anda, jangan pernah membongkarnya sendiri, sebaiknya segera panggil tukang servis atau membawanya ke dealer resmi untuk membetulkannya.

Settingan TV

Setting kecerahan tv, karena layar yang semakin cerah, membuat umur tv semakin cepat berkurang dan setting pula kekontrasan gambar TV Anda. Dengan pilihan  “standar”, bila Anda ingin menonton tayangan berkualitas HD, dapat  menggunakan “Movie”. Kontras gambar juga berpengaruh pada umur TV,  karena bila kontras gambar sangat tinggi, maka tinggi pula daya  yang dipakai, sehingga usia tv Anda makin cepat berkurang.

Pakai Pelindung Layar

Gunakan pelindung layar agar layar TV terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan

Servis ke Ahlinya

TV apabila diletakkan sangat dekat dengan barang-barang elektronik yang memiliki medan magnet tinggi, seperti speaker aktif. Dapat menimbulkan flek pada kualitas gambar pada layar TV LED. Bila terjadi masalah pada tv, jangan pernah membongkarnya sendiri, sebaiknya segera panggil tukang servis atau membawanya ke dealer resmi untuk memperbaikinya.

Matikan TV

Untuk hal ini sering dilupakan bahkan adakalanya bukan lagi Anda yang menonton TV malah sebaliknya TV lah yang menonton Anda tidur. Untuk itu biasakan setting timer TV agar otomatis padam sesuai dengan waktu yang Anda tentukan. Dengan mematikan TV saat tidak ditonton, hal ini dapat memperpanjang umur tv karena semakin sering digunakan, maka tampilan gambar akan meredup akibat jarang dipadamkan.

Baca Juga :  Kiat Membeli Produk Elektronik

Semoga bermanfaat 🙂

Gambar : Pixabay

Berbagi Artikel
Rate this article!
Tags:

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.