Ilustrasi gambar perbedaan PMS dan Kehamilan

Apa itu PMS dan Bagaimana Tanda – tandanya?

PMS itu adalah kepanjangan dari Pra-Menstruasi biasanya ini adalah kumpulan gejala yang timbul selalu disaat awal dari pertama menstruasi. Jadi gejala yang timbul selalu muncul pada saat menstruasi. Jadi kalo misalnya Cuma sesekali kemudian menghilang dimenstruasi berikutnya, itu tidak bisa dikatakan PMS.

Biasanya Pra-Menstruasi itu diawali dengan perasaan atau emosi yang tidak menentu, biasanya cenderung cepat marah, kemudian cepat Lelah, kemudian bisa juga kram hanya didaerah bawah perut, ketidaknyamanan, rasa nyeri pada perut.

Menstuasi berlebihan dapat mengganggu aktivitas sehari – hari ada yang bisa sampai tidak bisa beraktivitas karena saking nyerinya. Biasanya PMS itu berlangsung hanya sekitar 2 hari sebelum menstruasi dan selesai pada saat menstruasi sudah selesai.

Baca Juga : Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat

Bagaimana Kalau Tanda – tanda Kehamilan?

Kalau kehamilan itu biasanya diawali dengan perasaan mual, kemudian ada rasa muntah juga. Biasanya tidak diawali dengan gejala pendarahan biasanya hanya dengan flek – flek saja kemudian menstruasi nya terlambat misalnya biasanya tanggal 27 sampai tanggal 27 berikutnya itu belum menstruasi misalnya ada tanda keterlambatan 1 bulan. Nah , itu biasanya ciri – ciri kehamilan.

Apa Perbedaan Antara Tanda PMS dan Kehamilan?

  • Dari Segi Kram

Jadi sebenarnya bedanya pada saat terjadi menstruasi dan juga pada saat terjadinya kehamilan itu sendiri. Kalau pada saat menstruasi biasanya ada rasa kram. Kram itu terjadi pada kedua keadaan ini.

Kalau pada saat hamil kram itu biasanya berlangsung lebih lama, kemudian kram bisa terasa dibelakang punggung, bokong, dari perut menjalar ke belakang.

Kalau pada menstruasi biasanya hanya kram pada bagian bawah perut saja, karena disitu ada Rahim yang mengalami penebalan dan penurunan terasa seperti kram.

Baca Juga :  Tips Menyimpan Daging Agar Tahan Lama

Kemudian menstruasinya sudah selesai biasanya tidak ada kram lagi. Kalau hamil itu biasanya lanjut, justru keram nya bisa sampai 2-3 bulan.

  • Flek / Pendarahan

Kalau pada PMS biasanya flek / pendarahan nya kadang berwarna kecoklatan kemudian disertai atau dilanjutkan dengan darah segar atau menstruasi yang sesungguhnya.

Kalau pada Kehamilan flek flek itu muncul biasanya akibat gangguan atau hormonal yang berubah jadi biasanya flek yang muncul itu tidak berlangsung lama atau hanya berlangsung selama 1-2 hari kemudian menghilang dan tidak disertai dengan pendarahan. Nah itu biasanya langsung kedokter kandungan untuk memastikan apakah ini flek disebabkan kehamilan atau disebabkan penyakit tertentu atau mungkin menstruasi.

  • Peningkatan Nafsu Makan

Untuk yang PMS peningkatan nafsu makan menjadi semakin lahap/banyak makannya tanpa ada kendala untuk asupannya.

Kalau Kehamilan biasanya ada rasa ingin makan tapi begitu makan ada rasa seperti mual kemudian dipengaruhi dengan mencium bau-bau makanan tertentu itu menyebabkan rasa tidak jadi makan atau rasa mual atau rasa muntah.

Baca Juga : Tanda-Tanda Kehamilan Yang Jarang Diketahui Orang

  • Buang Air Kecil

Kalau pada PMS biasanya buang air kecil memang lebih sedikit karena biasanya lebih kering ya keadaannya pada saat PMS dan agak kurang nyaman pada saat buang air kecil.

Kalau pada saat Hamil itu mengalami keseringan buang air kecil, karena rahim itu terdesak, sudah ada janin jadi rahim nya terdesak kedalam sehingga menekan kantung kemih. Jadi rasa ingin buang air kecil nya lebih sering karena tertekan oleh rahim tersebut

  • Emosi

Kalau pada PMS cenderung lebih emosional, lebih marah – marah kemudian bersemangat tidak menentu ada juga beberapa kasus mungkin sedikit lebih kecil seperti menjadi lesu dan letih seperti itu.

Baca Juga :  Ketahui Gejala, Obat dan Penyebab Demam Berdarah (DBD)

Kalau pada Kehamilan cenderung lebih lemas, jadi lebih sering ingin tidur dirumah, lebih ingin bermalas – malasan daripada letupan emosional yang melunjak. Bersemangat itu lebih jarang pada ibu hamil, kadang biasanya berpengaruh pada hormon Esterogen dan Progesteron. Jadi Esterogen nya lebih ditekan ke bawah dan Progesteron nya cenderung naik dan kalau pada PMS kebalikannya.

Itu dia persamaan dan perbedaan dari PMS dan Kehamilan

Profil penulis:
Artikel Guest Post kali ini merupakan kiriman dari Blogger Calon Dokter URL Blog : https://www.calondokter70.com/ Blogger ini membahasTentang Kesehatan Fisik Maupun Kesehatan Mental

Berbagi Artikel
Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.