[Tutorial PPK dan Pokja] Penunjukan Langsung di SPSE 4.3

Penunjukan Langsung adalah metode pemilihan untuk mendapatkan Penyedia Barang/Jasa dalam keadaan tertentu.

Keadaan tertentu yang dimaksud misalnya untuk kegiatan komitmen internasional yang dihadiri oleh presiden atau wakil presiden, pengadaan yang bersifat rahasia contohnya pengadaan senjata militer, tender ulang yang mengalami kegagalan dan kriteria lain yang dapat dilihat dalam Peraturan Presiden No 16/18.

Sesuai regulasi, penunjukan langsung dengan nilai sampai dengan 200jt dilaksanakan oleh Pejabat Pengadaan sedangkan untuk nilai diatas 200jt dilaksanakan oleh pokja pemilihan.

Penunjukkan langsung dalam aplikasi SPSE 4.3 dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara transaksional dan non transaksional atau pencatatan.

Perbedaan penunjukkan langsung transaksional dan pencatatan terdapat pada proses pemilihan penyedia. Penunjukkan langsung transaksional, pemilihan penyedianya dilakukan melalui SPSE yang sudah terintegrasi dengan penyedia yang terdaftar di aplikasi SiKAP.

Untuk penunjukkan langsung non transaksional (pencatatan), pemilihan penyedianya dilakukan secara manual kemudian hasil pemilihan penyedia beserta realisasinya diinput ke dalam aplikasi.

Let’s go nonton video tutorial PPK dan Pokja dalam melaksanakan penunjukan langsung di SPSE 4.3!

Sumber : Youtube eproc LKPP

Semoga bermanfaat 🙂

#KiniSaatnya #IkutTender #MenangTender

 

Berbagi Artikel
Tags:

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.