Cara Mudah Mengatasi Notifikasi Android Tidak Muncul

Apakah kamu pernah mengalami bahwa ada sebuah notifikasi dari sebuah aplikasi yang tidak muncul? terkecuali apabila kamu membuka aplikasi tersebut ya. Jika anda mengalami masalah tersebut, kami akan memberikan tips bagaimana notifikasi tidak muncul di android.

Notifikasi ini merupakan sebuah pemberitahuan atau tanda dimana ada sebuah pesan atau apapun itu yang sifatnya penting dan tidak penting. Kadang, di beberapa aplikasi kerap tidak bisa memunculkan notif baik bunyi, getar maupun notif di atas layar smartphone.

Tak usah berlama – lama lagi, dibawah ini akan diberikan solusi jitu dalam memperbaiki masalah tersebut.

1. Restart Android Punyamu

Notifikasi Android Yang Tidak Muncul

Cara paling ampuh dalam memperbaiki masalah ini adalah restart atau reboot ponsel pintar kamu. Kenapa begitu? karena dalam setiap melakukan restart, semua proses yang ada dan sedang berjalan akan diberhentikan.

Semua itu akan kembali berjalan secara normal apabila ponsel kamu sudah berhasil menyelakan kembali ponsel. Jika sudah hidup maka semua proses akan berjalan normal.

Tentu saja, hal tersebut akan mengatasi masalah yang sebelumnya tampil pada android kamu. Bila yang tadinya error pada bagian notifikasi, coba deh suruh teman atau siapun itu buat mengirim pesan.

Bila sudah masuk, itu dipastikan bahwa aplikasi yang tadinya rusak dapat kembali pulih hanya dengan melakukan cara diatas.

2. Cek Pengaturan Notifikasi di Android

Pengaturan Notifikasi Android

Biasanya, pengaturan notifikasi milikmu dimatikan alias tidak diizinkan untuk mengatur tampil atau tidaknya sebuah notifikasi di bar ponsel.

Umumnya seperti itu, coba deh bila menggunakan cara sebelumnya tidak berhasil. Kamu dapat melakukan pengecekan apda pengaturan notifikasinya. Siapa tau, memang benar pengaturan notifnya kamu matikan.

3. Pastikan Aplikasi Dapat Berjalan di Latarbelakang

Sekarang ponsel apapun itu penting versi terbaru memiliki fitur pembatasan maksimum berjalan dilatar belakang. Ada juga yang mampu memberikan layanan batas maksimal penggunaan data seluler.

Baca Juga :  Tips Menghadapi Persaingan Di Tempat Kerja

Jika kedua layanan tersebut anda aktifkan, bisa jadi penyebab dari tidak munculnya notifikasi ada di situ. Jadi, kamu dapat mengaktifkannya kembali guna menampilkan bilah notifikasi.

4. Cek Fitur Penghemat Daya Aktif atau Tidak

Fitur Penghemat Daya Listrik Android

Pastinya semua orang menginginkan daya konsumsi baterai yang sangat rendah. Meskipun sebagian orang memilih lebih mematikannya sih. Namun ada kendala yang meliputi ketika mengaktifkan layanan tersebut.

Seperti kasus saat ini, notifikasi tidak muncul. Ketika itu kamu bisa mengecek bagian opsi penghemat daya dan penghemat data seluler kamu aktif atau tidak. Bila aktif, sekarang saatnya kamu nonaktifkan ya.

5. Mematikan Mode Hening/Diam

Cek Mode Nada Notifikasi

Mode hening atau diam sering dipakai sebagian orang untuk menghilangkan bunyi notifikasi dari sebuah aplikasi di dalam ponsel. Mungkin saja orang itu memang benar buru – buru banget dan tidak sempat untuk mengecek pengaturan mode heningnya masih aktif atau tidak.

Nah, coba deh sekarang anda cek apakah mode hening atau diamnya anda aktifkan. Bila masih dalam keadaan aktif, anda bisa kok langsung mematikannya sekarang juga.

6. Reinstall Aplikasi

Reinstall Aplikasi

Aplikasi memang sangat rentang terhadap bug dari server. Oleh karena itu, salah satu solusi ini mungkin bisa anda coba. Yakni memasang ulang aplikasi tersebut tapi sebelumnya anda copot pemasangan dulu ya. Setelah anda copot, anda bisa langsung download ulang di google playstore apabila tersedia disana.

7. Tunggu Pembaruan

Cek Pembaharuan Aplikasi

Setelah kamu menemukan bug dan sudah memasang ulang aplikasi. Tetapi masalah tidak muncul notifikasinya masih saja ada. Kamu dapat menunggu terlebih dahulu pembaruan yang akan datang. Jadi, anda harus sabar dulu dan gunakan aplikasi tersebut tanpa notif.

Jadi itulah ulasan dari penulis tamu mogloger tentang cara mengatasi notifikasi aplikasi di android tidak muncul ketika ada notif masuk ke hp. Meskipun hanya ketujuh cara diatas, bisa dibuktikan yang mana yang paling kamu anggap bisa memperbaiki lalu coba perbaiki sekarang juga ya. Anda juga dapat membaca Cara Menghilangkan Notifikasi Line Di Layar

Baca Juga :  Kata Yang Sering Terabaikan

Semoga bermanfaat 🙂

Berbagi Artikel
author

Author: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.